Pages

Senin, 11 Maret 2013

Nyepi di SD Insan Prestasi


PERAYAAN NYEPI DI SD INSAN PRESTASI DENPASAR
                Hari Jumat, 8 Maret 2013 suasana di SD Insan Prestasi  terlihat beda dari hari-hari biasa. Tepat pukul  10.00 Wita bel panjang berbunyi.  Siswa-siwipun berbaris di Aula sekolah. Senyum dan tawa menghias  wajah mereka.  Mereka terlihat antusias karena akan mengikuti  acara memeriahkan Hari Raya Nyepi. Seperti Nyepi tahun sebelumnya, Hari Raya Nyepi tahun ini Tahun Caka 1935 akan diisi dengan menggarak ogoh-ogoh. Sebuah ogoh-ogoh berwujud raksasa telah disiap untuk diarak keliling lingkungan sekolah.
            Tabuhan beleganjur yang ditabuh oleh siswa peserta Eskul Beleganjur segera bergema. Suara gamelan tersebut menyulut semangat  guru dan siswa SD Insan Prestasi. Dengan penuh semangat  ogoh-ogoh setinggi 1,5 meter tersebut diusung mengelilinggi sekolah tersebut.
            Untuk memfasilitasi  tingginya antusias siswa  maka masing-masing kelas diberi kesempatan mengarak ogoh-ogoh tersebut secara bergantian. Diawali dengan siswa-siswi kelas 1, dilanjutkan dengan kelas 2, kelas 3 dan seterusnya. Dimana masing-masing kelas mendapat kesempatan 3 kali kesempatan mengusung ogoh-ogoh untuk berputar di area sekolah yang terletak di Jalan Kenyeri Denpasar tersebut.
Kegembiraan jelas terlihat di wajah-wajah siswa-siswi sekolah tersebut.

 Demikian perayaan Nyepi di SD Insan Prestasi. Dimana dengan acara tersebut anak-anak dapat mengenal  dan turut melestarikan budaya daerah yang merupakan bagian dari budaya nasional. Dan tentunya rasa kebersamaan dan toleransi antar keluarga besar SD Insan Prestasi dapat lebih terjalin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar